Menganalisa Komunikasi data modem GSM

Di kampus tercinta, kampus ungu STMIK AMIKOM YOGYAKARTA dapat tugas buat ulasan tentang Modem GSM. semoga bisa membantu sahabat aiokshuers semua.
check it out!!!



                         a. komunikasi data
Komunikasi identik dengan adanya aliran informasi antar pelaku yang dimana, tujuan utama komunikasi adalah untuk menukar informasi antara dua perantara. Berikut adalah defenisi dari Data dan informasi :
1.Data adalah sebuah gambaran dari kenyataan, konsep atau instruksi dalam bentuk
formal yang sesuai untuk komunikasi, interpretasi atau proses oleh manusia atau oleh
peralatan otomatis.
2. Informasi adalah pengertian yang diperuntukan bagi data dengan persetujuan pemakai
data tersebut.

Defenisi ini dapat menjelaskan tujuan diatas, yaitu data dapat diidentifikasikan, data
dapat digambarkan, data tidak perlu mewakili sesuatu secara fisik, tetapi dari semuanya
itu data dapat dan sebaiknya digunakan untuk menghasilkan informasi. Hal ini juga
berarti bahwa data untuk satu orang akan muncul sebagai informasi untuk yang lain.
Informasi ini terbentuk ketika data ditafsirkan.
Untuk menukar informasi diperlukan akses ke elemen data dan kemampuan untuk
mentransmisikannya. Dalam melakukan komunikasi Device merupakan hal yang sangat penting yaitu untuk menghubungkan dua pelaku atau lebih dalam satu hubungan, modem adalah salah satu device yang berperan penting dalam menghubungkan banyak pelaku dalam satu ruang lingkup.

b. Modem secara umum
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
  1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
    2. Modem ADSL
    3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
    4. Modem CDMA
    5. Modem 3GP
    6. Modem GSM
Namun yang akan kita bahas secara khusus adalah modem GSM, berikut adalah perkenalan singkat modem GSM.

c. pengenalan dan cara kerja modem GSM
Saat ini GSM telah mampu melayani layanan data pesan SMS dan 14.4-Kbps circuitswitched data service untuk data dan fax. Kecepatan transfer data 14.4 Kbps ini relative lebih lambat bila dibandingkan dengan wireline modem yang pada umumnya memiliki kecepatan 33.6 dan 56 Kbps. Untuk meningkatkan kemampuan layanan data pada jaringan GSM, maka operator dan penyedia infrastruktur GSM (provide) telah menspesifikasikan pengembangan generasi baru GSM yakni GSM pase II yang mampu memberikan layanan teknologi sebagai berikut :
1. High-Speed Circuit-Switched Data (HSCD) dengan menggunakan beberapa ciruit cannel.
2. GPRS untuk memberikan layanan akses paket radio ke jaringan paket data eksternal semisal X.25 atau Internet.
3. Enhanced Data Rate for GSM Evolution (EDGE) yang menggunakan skema modulasi baru untuk menghasilkan nilai troughput yang lebih besar hingga mencapai tiga kalinya bila dibandingkan dengan GPRS dan HSCD.
4. Universal Mobile Telecomunication System (UMTS), teknologi wireless baru yang menggunakan infrastruktur deployment.
  1. Pengembangan-pengembangan GSM tersebut memungkinakan pengiriman / komunikasi data dengan nilai troughput yang lebih besar, efisiensi spektral yang lebih baik, dan waktu panggilan setup yang semakian rendah.
    d. fungsi GPRS dalam koneksi modem GSM
Kestabilan koneksi akses internet melalui GPRS sangat dipengaruhi oleh tingkat aktivitas pemakaian handphone untuk komunikasi suara di sekitar BTS. Hal ini disebabkan karena kanal data yang dipergunakan untuk akses internet pada jaringan GPRS dipakai secara tumpang tindih dengan kanal untuk pemakaian komunikasi suara.
Prioritas pemakaian kanal untuk komunikasi suara lebih tinggi dari pada pemakaian kanal untuk akses internet. Jadi apabila jumlah pemakai BTS untuk komunikasi suara sudah mendekati kapasitas maksimum BTS, maka akses internet yang yang sedang berlangsung akan diputus atau tidak mendapat pasokan data ( 0 Kbps ) sampai jumlah sambungan komunikasi suara turun lagi.
ambar-1:
Jumlah pemakai komunikasi suara di BTS masih di bawah jumlah kapasitas maksimumnya sehingga kanal data untuk akses internet masih tersedia.


Jumlah pemakai komunikasi suara di BTS meningkat mencapai jumlah kapasitas maksimum, akibatnya kanal data untuk
akses internet menjadi tidak tersedia. Koneksi akses internet akan terputus atau pasokan data dihentikan (0 Kbps) untuk sementara.
Jika jumlah pemakai komunikasi suara di BTS menurun sampai di bawah batas kapasitas maksimum maka kanal data untuk akses internet kembali tersedia.(Oky klinston)

Jika anda merasa info ini sangat bagus dan bermanfaat, silahkan di sebarkan ke Lintas Berita agar semua bisa mengetahuinya.

1 comments:

klinston mengatakan...

senangnya bisa berbagi :D

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

menarik dan unik adalah salah satu prioritas utama saya dalam berbagi dengan teman - teman aiokshuers.
(klinston)

Blog Tricks



Easy Blog Tricks

Free Backlinks
© Grunge Theme Copyright by Unixs share :: 2011 | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks